Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI
Kelas / Jurusan : X/Semua Jurusan
Semester : 1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 2022/2023
Petunjuk: Bacalah soal-sol berikut dengan cermat, dan pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !!!
1. Keunikan manusia dari segi fisik/biologis :
1. Warna kulit
2. Mata
3. Hidung
4. Hoby
5. Kemampuan
Pilihan yang benar adalah :
a. 1, 2 dan 3 d. 2, 3 dan 5
b. 1, 2 dan 4 e. 3 , 4 dan 5
c. 2, 3 dan 4
2. Kekayaan pontesial yang diberikan Tuhan kepada setiap manusia dan menjadi kebanggaan ada pada pernyataan di bawah ini. Yang tidak termasuk di dalamnya adalah …
a. Menyanyi d. Kebencian
b. Jenis kelamin e. Saling pengertian
c. Mencintai
3. Dalam Kitab Kejadian 1: 26-31 memuat tiga hal pokok :
a. Menusia diciptakan menurut Gambar Allah
b. Tuhan membentuk manusia dari debu tanah dan mengembuskan nafas kehidupan
c. Segala sesuatu termasuk Firdaus diawasi Allah agar manusia dibatasi
d. Manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Adam
e. Segala sesuatu termasuk Firdaus diserahkan Allah untuk manusia.
Pilihan yang benar adalah…..
a. 1, 2 dan 3 d. 2, 3 dan 5
b. 1, 2 dan 4 e. 1, 2 dan 5
c. 2 , 3 dan 4
4. Keberadaan fisik, bakat, kemampuan, karakter, dan sifat-sifat yang kita miliki ditentukan oleh faktor….
a. Keturunan dan orang tua d. IPTEK dan agama
b. Lingkungan dan peradaban e. Pendidikan karakter
c. Keturunan dan lingkungan
5. Sikap yang dibutuhkan dalam hubungannya dengan kelebihan dan kekurangan pada diri kita adalah…
a. Bersaing dengan orang lain
b. Iri hati terhadap kelebihan orang lain
c. Menerima diri apa adanya
d. Berusaha menghalanginya
e. Hidup dalam kesederhanaan
6. Tugas kita yang berkaitan dengan kemampuan atau bakat yang diberikan Tuhan kepada kita ialah….
a. Menjaga dan memelihara
b. Mengembang dan memanfaatkan
c. Menjaga dan melestarikan
d. Memendamkan dalam diri
e. Mengembangkan sesuai keadaan
7. Bakat atau kemampuan yang kita miliki adalah pemberian Tuhan dengan cuma-cuma, yang dalam Injil Mateus 25 : 14 – 30 disebut….
a. Hobby c. Talenta e. Karunia
b. Minat d. Kemampuan
8. Usaha pengembangan bakat atau kemampuan
1. Berlatih secara terus menerus
2. Bergabung dalam kelompok minat
3. Belajar dari orang yang berhasil
4. Bertanya pada orang yang berpengalaman
5. Mengharapkan bantuan dari orang lain
6. Berusaha sendiri sesuai kemampuannya
Jawaban yang benar adalah….
a. 1, 2, 3 dan 4 d. 2, 3, 4 dan 5
b. 1, 2, 3 dan 5 e. 2, 3, 4 dan 6
c. 1, 2, 4 dan 6
9. Menurut Kitab Kejadia n 1: 26 – 27 “ Manusia diciptakan menurut citra Allah” artinya adalah…..
a. Manusia sama derajat dengan Allah
b. Manusia adalah gambar Allah
c. Manusia sama dengan Allah
d. Manusia sederajat dengan ciptaan lain
e. Manusia sama dengan pencipta-Nya
10. Hal-hal yang menunjukkan keistimewaan manusia sebagai makhluk ciptaan Allah adalah….
a. Memilki akal budi, bertanggung jawab dan berkuasa tanpa batas
b. Gambar Allah, bertanggung jawab dan bertindak menurut kehendaknya
c. Mememilki akal budi, kehendak bebas dan kuasa yang bertanggung jawab
d. Memiliki akal budi, kehendak bebas dan hidup mandiri
e. Memeliki akal budi, kemauan dan bebas dari tanggung jawab
11. Kebebasan yang diberikan Allah pada manusia merupakan ciri khas yang ber tujuan untuk….
a. Mengenal diri sendiri dan lingkungannya
b. Mengenal orang lain dan kebutuhannya
c. Membangun kerja sama dengan sesama manusia
d. Bertindak dengan sengaja dan bertanggung jawab
e. Mengembangkan diri dan memenuhi kebutuhannya
12. Simaklah pernyataan berikut ini :
1. Memanfaatkan alam semesta sesuka hati kita
2. Memelihara dan merawat alam semesta
3. Memanfaatkan sesuai kehendak Allah
4. Melestarikan alam sermesta agar tetap lestari
5. Menggali potensi alam demi kepentingan pribadi
Tugas manusia sesuai kehendak Allah terhadap alam lingkunga adalah….
a. 1, 2 dan 3 c. 2, 3 dan 5
b. 1, 2 dan 4 d. 3, 4 dan 5
c. 2, 3 dan 4
13. Sikap yang muncul :
1. Sikap apriori
2. Sikap menolak
3. Sikap mendiskreditkan
4. Sikap toleransi
5. Sikap menghargai
Sikap yang muncul akibat kurang paham terhadap agama kita sendiri dan agama orang lain adalah….
a. 1, 2 dan 3 d. 2, 3 dan 4
b. 1, 2 dan 4 e. 3, 4 dan 5
c. 1, 3 dan 4
14. Pertikaian antar agama biasanya menyisakan penderitaan bagi masyarakat . P enyebab pertikaan tersebut adalah….
a. Toleransi d. Memaafkan
b. Solider e. Menghormati
c. Fanatisme
15. Sikap toleransi antar umat beragama biasanya akan melahirkan …..
a. Kerja sama d. Ketertinggalan
b. Permusuhan e. Keterbelakangan
c. Kebodohan
16. Alasan mendasar saling menghargai dan mencintai antar sesama manusia menurut kitab Kejadian 1 : 27 adalah….
a. Anak Allah d. Sama martabatnya
b. Saudara e. Citra Allah
c. Makhluk sosial
17. Perhatikan sikap berikut ini :
1. Bersikap moderat 4. Bersikap kompromistis
2. Berpikir pluralis 5. Bersikap arogan
3. Tidak menghakim 6. Demokat
Sikap yang dubutuhkan untuk menjauhkan sikap diskri mi natif dan fanatisme adalah….
a. 1, 2, 3 dan 4 d. 1, 3, 4 dan 5
b. 1, 2, 3 dan 5 e. 2, 3, 5 dan 6
c. 2, 3, 4 dan 5
18. Yesus mengajarkan kepada para pengikut-Nya untuk mengasihi sesame manusia termasuk musuh-musuh dalam Kitab Suci Injil Lukas 10 : 25 – 37 lewat perumpamaan tentang…..
a. Domba yang hilang
b. Orang Samaria yang murah hati
c. Anak yang hilang
d. Bendahara yang jujur
e. Membayar pajak
19. Pria dan wanita tampak berbeda. Perbedaan yang sangat menyolok pada usia remaja adalah…….
a. Tingka h laku d. Perasaan
b. Kemampuan e. Kecerdasan
c. Biologis
20. Simbol yang biasa digunakan untuk wanita dalam menggambarkan sikap, perilaku , dan peranannya ialah….
a. Langit d. Hujan
b. Kumbang e. Bumi
c. Matahari
21. Simaklah pernyataan berikut ini :
1. Memikat
2. Menerima
3. Memelihara
4. Memberi
5. Menggoda
Sosok dalam diri wanita yang mengungkapkan kehalusan dan kelembutan sifatnya adalah….
a. 1, 2 dan 3 d. 2, 3 dan 5
b. 1, 2 dan 4 e. 3, 4 dan 5
c. 1, 3 dan 4
22. Simaklah pernyataan di bawah ini:
1. Obyektif
2. Teoritis
3. Abstrak
4. Orang lain
5. Global
6. Konkrit
Perbedaan cara berpikir pada pria dari wanita adalah….
a. 1, 2, 3 dan 4 d. 2, 3, 4 dan 6
b. 1, 2, 3 dan 5 e. 3, 4, 5 dan 6
c. 1, 3, 4 dan 5
23. Anas bersikap murung berhari-hari setelah dipukul guru. Sikapnya ber beda dari John yang juga mendapat perlakuan yang sama dari gurunya . Perbedaan Anas dengan John adalah….
a. Perasaan d. Kecerdasan
b. Pola pikir e. Sifat
c. Kekuatan fisik
24. Kitab Kejadian 2 : 18 -24 mengisahkan Allah menciptakan wanita dari tulang rusuk pria dan berkata, “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia dinamai perempuan sebab , ia diambil dari laki-laki”. Pesan perikop ini adalah….
a. Pria derajat lebih tinggi dari wanita
b. Pria dan wanita sama derajatnya
c. Wanita berasal dari laki-laki
d. Wanita makhluk yang lemah
e. Pria wajib melindungi wanita
25. Perlakuan tidak adil terhadap kaum perempuan terus berlangsung sampai saat ini. Penyebabnya utama adalah…
a. Perkembangan zaman yang terus maju
b. Kelemahan fisik yang menjadi kodratnya
c. Budaya Patriakhi yang dianut masyarakat
d. Wanita kalaH persaingan dalam kehidupan
e. Pria takut barsaing dengan wanita
26. Laki-laki identik dengan k ekokohan /keperkasaan , kekuatan fisik, dan keperkasaan jiwa . T ugas laki-laki yang melekat di dalamnya adalah….
a. Menjadi kekasih d. Memelihara
b. Menjadi bapa e. Menyejahterakan
c. Melindungi
27. Kehadiran seorang ibu dalam rumah tangga sebagai wanita/isteri/ibu ia lah mengh adir kan suasana kasih dalam keluarga . A lasan nya adalah….
a. Mengasih tanpa pamrih
b. Menerima,mengandung
c. Melahirkan dan memelihara
d. Menjadi partner dalam kehidupan
e. Menciptakan keindahan /keharmonisan
28. Dalam Kejadian 1: 28 dikatakan, “Be r anak cuculah dan bertambah banyak”. Ini merupakan tugas yang berikan Tuhan kepada pria dan wanita , yang ber maksud ialah….
a. Melahirkan keturunan , membesar kan, dan mendidik anak cucu mereka
b. Mensejahtekan hidup manusia dan semua keturunan mereka
c. Menjaga dan melestarikan alam ciptaan sesuai dengan kehendak Tuhan
d. Membangu hidup keluarga untuk meneruskan keturunan
e. Membina kerukunan hidup dengan sesama umat manusia
29. Kesadaran moral yang tumbuh dan berkembang dalam hati manusia berdasakan keinsyafan untuk melaksanakannya adalah….
a. Peraturan d. Kebiasaan
b. Kesadaran e. Kebutuhan
c. Kewajiban
30. Bila kita melakukan perbuatan yang tidak baik yang dirasakan sesudah melakukannya adalah….
a. Aman dan tenteram D. Bangga dan tentram
b. Biasa-biasa saja E. Tentram dan damai
c. Gelisa h dan menyesal
31. Simaklah pernyataan berikut ini:
1. Adanya kesadaran tentang yang baik dan yang buruk
2. Hati nurani akan menyuruh jika perbuatan itu baik
3. Hati nurani akan melarang jika pernuatan itu baik
4. Hati nurani akan meralang jika perbuatan itu buruk
5. Hati nurani akan menjadi hakim sesudah melakukan tindakan.
Pernyataan yang mengungkapkan fungsi hati nurani adalah…
a. 1 , 2 dan 3 d. 2, 3 dan 4
b. 1, 2 dan 4 e. 2, 4 dan 5
c. 1, 3 dan 5
32. Seorang remaja merasa pasti bahwa mencium kekasih adalah dosa. Sikap yang yang harus dilakukan adalah…
a. Harus dilakukan saat itu
b. Harus mencari kepastian
c. Harus bertanya pada orang lain
d. Harus mengelakannya
e. Harus menunda tindakannya
33. Para remaja sering melakukan tindakan-tindakan yang membuat suara hati menjadi tumpul (buta/mati) . P ernyataan di bawah ini yang tidak termasuk dalam tindakan yang membuat suara hati menjadi tumpu l adalah….
a. Kebiasaan menyontek
b. Bergaul bebas sampai free sex
c. Menganggap hina pekerjaan tangan
d. Mencintai kebudayaan sendiri dianggap kolot
e. Bersikap toleransi dalam hidup bersama
34. Pernyataan berikut ini :
1. Selalu tidak menghiraukan suara hati
2. Pengaruh pendidikan dalam keluarga
3. Selalu bersikap ragu-ragu atau bingung
4. Pengaruh propaganda mass media
5. Hidup dalam masyarakat yang tertib
6. Pengaruh dari kerbutuhan yang tidak terpenuhi
Penyebab suara hati dapat menjadi mati atau tumpul pada zaman sekarang adalah….
a. 1, 2, 3 dan 4 d. 2, 3, 4 dan 5
b. 1, 2, 3 dan 5 e. 2, 3, 5 dan 6
c. 1, 2, 4 dan 6
35. Yang timbul ketika seseorang selalu bertindak sesuai dengan hati nurani adalah…
a. Peka dan tenang
b. Kuat dan berwibawa
c. Semakin terang dan berwibawa
d. Bangga dan tenang
e. Stabil dan setia
36. Usaha-usaha untuk pembinaan suara hati dengan mencari keterangan pada sumber yang baik melalui kegiatan pembinaan rohani adalah…
a. Membaca buku-buku bermutu
b. Membaca Kitab Suci
c. Mengikuti kegiatan pelajar
d. Mengikiuti ret-ret
e. Mngikuti seminar
37. Media masa mempunyai kontribusi yang sangat besar terhadap perubahan dalam berbagai bidang kehidupan manusia baik bersifat positif maupun negatif. Sikap yang dibutuhkan adalah ….
a. Toleransi d. Kritis
b. Tertutup e. Fanatik
c. Terbuka
38. Pengaruh te k hnologi dan mas s media adalah…
a. Kemajuan dalam bidang informasi
b. Terkurung dalam pemikiran tradisional
c. Munculnya penemuan-penemuan baru
d. Memperoleh informasi yang luas terjangkau
e. Pola pikir manusia tentang kehidupannya
39. Dampak negatif dari mas media telah melanda dan mempengaruhi kaum remaja dan keluarga-keluarga. Yang tidak sesuai dengan pernyataan di atas adalah…
a. Banyak waktu tersedot untuk menonton
b. Komunikasi anatar pribadi berkurang
c. Terjadinya arus urbanisasi besar-besaran
d. Kecanduan kekerasan dan seks bebas
e. Masyarakat semakin sadar dan dewasa
40. Yesus memperbolehkan murid-murid-Nya memetik gandum pada hari sabat dalam Injil Mateus 2 : 23 -28. Alasannya adalah…
a. Mentaati hukum Taurat
b. Menentang kebiasaan yan g ada
c. Membina kesadaran akan hukum
d. Hukum di atas segalanya bagi manusia
e. Keselamatan manusia di atas segala-galanya
Good Luck