-->

IBADAT SABDA PEMBERANGKATAN ANAK KE TEMPAT BARU

 


ALLAH MEMBIMBING PERJALANAN HIDUPMU

(Ibadat untuk memberangkatkan seorang anak

yang hendak melanjutkan pendidikan di daerah yang baru)

 

1.     Lagu Pembukaan: Memilih salah satu lagu yang sesuai dengan tema di atas.

2.     Tanda Salib:
P. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus

U. Amin.
P. Karena kasih dan kemurahan-Nya, Allah berkenan mengangkat kita menjadi anak-Nya. Semoga kasih dan damai-Nya berlimpah atas kita sekalian.

U. Sekarang dan selama-lamanya.

3.     Kata Pembuka:

P. Saudara-saudari yang tercinta, terima kasih atas kehadiran kita sebagai satu keluarga di tempat ini. Malam ini kita berkumpul untuk memohon rahmat Tuhan untuk menyertai anak, adik kita:........ yang hendak melanjutkan pendidikannya di tempat yang baru. Kiranya di tempat yang baru nantinya, dia dapat kerasan dan selanjutnya dapat menyelesaikan pendidikannya dengan baik. Dan kiranya kita juga diberkati Tuhan dalam segala perjuangan hidup kita. Agar ibadat dan permohonan kita berkenan di hadapan Tuhan, marilah pada awal ibadat ini kita memohon belas kasih dan kemurahan Tuhan atas segala dosa-dosa kita.

4.     Pernyataan Tobat:

P. Saya mengaku.......

P. Semoga Allah yang Mahakuasa menganugerahkan pengampunan dan belas kasihan-Nya bagi kita.

U. Amin.

5.     Doa Pembuka:
P. Ya Allah yang Maha Baik, Engkau menganugerahkan segala yang baik dalam seluruh hidup kami. Kami syukuri semua kebaikan-Mu itu. Kiranya kebaikan-Mu senantiasa menyertai seluruh perjuangan hidup kami selanjutnya, teristimewa bagi anak kami............. yang tercinta ini. Sebab Engkaulah Allah yang kekal, yang hidup dan berkuasa bersama Kristus dalam persekutuan dengan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa.

U. Amin

6.     Bacaan I: Yos 1:1-8

Sesudah Musa hamba TUHAN itu mati, berfirmanlah TUHAN kepada Yosua bin Nun, abdi Musa itu, demikian: "Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu. Setiap tempat yang akan diinjak oleh telapak kakimu Kuberikan kepada kamu, seperti yang telah Kujanjikan kepada Musa. Dari padang gurun dan gunung Libanon yang sebelah sana itu sampai ke sungai besar, yakni sungai Efrat, seluruh tanah orang Het, sampai ke Laut Besar di sebelah matahari terbenam, semuanya itu akan menjadi daerahmu. Seorang pun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau. Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka. Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi. Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

7.     Lagu Antar Bacaan: Memilih salah satu lagu yang sesuai dengan bacaan di atas

8.     Bacaan Injil: Luk 6: 39-49

Yesus mengatakan pula suatu perumpamaan kepada mereka: "Dapatkah orang buta menuntun orang buta? Bukankah keduanya akan jatuh ke dalam lobang? Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, tetapi barang siapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya. Mengapakah engkau melihat selumbar di dalam mata, sedangkan balok di dalam matamu sendiri tidak engkau ketahui? Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Saudara, biarlah aku mengeluarkan selumbar yang ada di dalam matamu, padahal balok yang di dalam matamu tidak engkau lihat? Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu. "Karena tidak ada pohon yang baik yang menghasilkan buah yang tidak baik, dan juga tidak ada pohon yang tidak baik yang menghasilkan buah yang baik. Sebab setiap pohon dikenal pada buahnya. Karena dari semak duri orang tidak memetik buah ara dan dari duri-duri tidak memetik buah anggur. Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya. "Mengapa kamu berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan? Setiap orang yang datang kepada-Ku dan mendengarkan perkataan-Ku serta melakukannya -Aku akan menyatakan kepadamu dengan siapa ia dapat disamakan, ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah: Orang itu menggali dalam-dalam dan meletakkan dasarnya di atas batu. Ketika datang air bah dan banjir melanda rumah itu, rumah itu tidak dapat digoyahkan, karena rumah itu kokoh dibangun. Akan tetapi barang siapa mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah di atas tanah tanpa dasar. Ketika banjir melandanya, rumah itu segera rubuh dan hebatlah kerusakannya."

9.     Renungan Singkat:

Poin-poin penting untuk merenungkan Sabda Allah:

Bacaan I: Tuhan senantiasa menyertai perjalanan hidup manusia. Penyertaan Tuhan akan membuahkan hasil yang memuaskan. Yang penting bagi umat beriman ialah senantiasa mendengarkan dan merenungkan firman Tuhan serta dan melaksanakannya dengan setia dalam hidup sehari-hari.

Injil: Pohon yang baik menghasilkan buah yang baik. Seorang pengikut Kristus akan dikenal bukan dari identitas lahiriahnya tetapi dari buah perbuatan baiknya sehari-hari. Identitas kekristenan harus ditunjukkan lewat perbuatan kasih yang nyata. Orang yang demikian diibaratkan dengan seorang yang mendirikan rumah di atas batu. Hidupnya akan kokoh dan bertahan karena kesetiaannya melaksanakan firman Allah.

10.  Doa Permohonan:

P. Ya Allah Bapa yang baik, karena kebaikan-Mu, kami anak-anakMu dengan rendah hati datang memohon kepada-Mu:

1.     Untuk orang tua: kiranya Tuhan senantiasa mendampingi mereka dalam proses pendidikan anak-anak, dan kiranya mereka dianugerahi kesehatan untuk mengusahakan kesejahteraan keluarga.

Marilah kita mohon.....

2.     Untuk anak yang akan berangkat: kiranya Tuhan senantiasa membimbing perjalanan hidupnya teristimewa dalam menyelesaikan pendidikannya, supaya semuanya dapat berjalan baik, dan berakhir dengan baik pula.

Marilah kita mohon.....

3.     Untuk anggota keluarga yang telah meninggal: kiranya Tuhan menganugerahkan istirahat kekal bersama para kudus di surga, dan kiranya mereka senantiasa mendoakan kita yang masih dalam peziarahan di dunia ini.

Marilah kita mohon.....

P. Ya Allah Bapa yang baik, masih banyak hal yang hendak kami mohonkan kepada- Mu. Namun kami yakin Engkau lebih mengetahui apa yang kami butuhkan. Kami mohon kiranya Engkau mengabulkan permohonan kami ini, yang kami sampaikan dengan perantaraan Kristus Tuhan kami.

U. Amin.

11. Doa Restu dan Berkat Orang Tua:

Tuhan, Bapa yang baik, kami bersyukur atas penyertaan-Mu dalam hidup kami, teristimewa dalam membimbing dan menyertai anak kami ini. Kami sebagai orang tua telah mengalami kasih-Mu melalui kehadiran anak yang adalah bukti cinta-Mu bagi kami. Dia hendak berangkat melanjutkan pendidikannya. Selama ini, dia senantiasa dalam bimbingan dan tuntunan kami. Kiranya nilai-nilai kebaikan yang kami tanamkan kelak dapat dikembangkannya agar dapat berbuah dalam kehidupannya. Kami mohon pada-Mu Bapa, kiranya Engkau menuntun perjalanannya dan membimbing hati dan budinya dalam menyelesaikan pendidikannya, agar kelak dia dapat berbahagia atas hasil jerih payahnya. (Menyusul pemberian tanda salib oleh kedua orang tua pada dahi anak).

12. Doa Anak yang akan Berangkat untuk Orang Tua dan Keluarga:

Tuhan, Bapa yang baik, pujian bagi-Mu atas kebaikan-Mu yang telah saya terima melalui kedua orang tua dan keluarga semuanya. Kiranya, Engkau senantiasa membimbing perjalanan mereka, memberkati segala pekerjaan mereka, dan memberikan keberhasilan dalam seluruh perjuangan mereka. Bantu mereka Tuhan dalam segalanya, agar nama-Mu senantiasa dimuliakan selamanya.

13. Bapa Kami

14 Doa Penutup

P. Ya Bapa yang Maha Pengasih, Engkau mencintai manusia dan karena cinta-Mu itu Engkau merelakan Putra-Mu yang tunggal untuk menyelamatkan kami lewat wafat-Nya. Sudilah Engkau menjaga dan melindungi semua orang yang telah menjadi anak-anakMu melalui Sakramen Pembaptisan. Kami mohon semoga kami semua Kau beri semangat cinta kepada kebaikan dan kesempurnaan. Semoga karena bantuan dan bimbingan-Mu kelak kami dapat memperoleh apa yang Engkau janjikan yaitu kebahagiaan kekal di surga. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup bersama Engkau, dalam persekutuan Roh Kudus kini dan sepanjang masa.

U. Amin.

15. Kata-kata Peneguhan: Orang Tua, Keluarga Dekat, Anak yang akan Berangkat

16. Berkat

P. Semoga kita sekalian, teristimewa anak kita yang akan melanjutkan pendidikannya senantiasa diberkati oleh Allah yang Mahakuasa: Bapa dan Putra dan Roh Kudus.

U. Amin

P. Saudara-saudari sekalian dengan ini ibadat kita telah selesai.

U. Syukur kepada Allah.

17. Lagu Penutup: Memilih salah satu lagu yang sesuai dengan tema.

 

LihatTutupKomentar